Situs MasalahJudul: Situs Masalah
Judul Asli: The Worry Website
Penulis: Jacqueline Wilson
Alih Bahasa: Poppy Damayanti Chusfani
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-979-22-3277-6
Tebal: 160 hlm
Tahun terbit: Oktober 2007
Cetakan: Pertama
Genre: Fiksi Anak
Rating: 3/5

Bayangkan jika setiap kali kita mengalami suatu masalah, akan ada sebuah situs untuk kita menuliskan masalah-masalah tersebut. Kemudian, akan ada banyak orang yang memberi nasihat dan semua itu rahasia. Tak akan ada yang tahu identitas si penanya ataupun si komentator. Pasti asyik, bukan? Nah, inilah yang dilakukan Holly dan teman-temannya di sekolah dalam novel The Worry Website.

Mr. Speed yang membuatnya. Ia adalah guru di kelas Holly. Situs Masalah itu memang idenya yang paling cemerlang. Setiap murid bisa menuliskan masalah apa saja di sana, lalu nanti murid-murid lainnya akan memberi nasihat. Tapi, alih-alih nasihat yang didapat, tanggapan-tanggapan yang masuk justru komentar yang lucu, bahkan sebagian besar merupakan komentar murid yang juga ikutan curhat. Apa saja sih yang ada di Situs Masalah? Ada Holly yang menuliskan masalahnya tentang mimpi buruk. Ada William yang merasa tidak bisa apa-apa. Ada juga Lisa yang bercerita tentang masalah ayah dan ibunya. Ada banyak masalah lain yang dialami para murid, begitu juga tanggapan yang didapat. Apakah masalah mereka semua dapat diselesaikan? Bagaimana cara mereka menyelesaikannya?

“Kadangkala, nasihat terbaik datang dari sumber yang paling tidak disangka-sangka.”

Seperti biasa, Jacqueline Wilson lagi-lagi mengangkat tema seputar problematika anak-anak, termasuk dampak yang diperoleh si anak akibat kondisi keluarga. Novel The Worry Website ini pun menawarkan ide yang unik. Meskipun tipis, tapi isinya padat. Esensi yang ingin disampaikan dapat. Para anak dan orangtua bisa belajar banyak dari novel ini tentang bagaimana mengetahui kemungkinan-kemungkinan problematika seputar anak, bagaimana perasaan anak, atau bagaimana seharusnya mencari solusi bagi masalah-masalah mereka. Yang lucu dari novel ini bagi saya yaitu cerita Greg yang sedang naksir teman perempuan di kelasnya. Masih kecil udah tau pacar segala, hadeuh! Buat anak-anak, nggak boleh pacaran ya! *sambil goyangin telunjuk larangan*

Cerita pertama di novel ini, tentang Holly, awalnya dipublikasikan di internet dan bisa diakses siapa saja. Kemudian Jacqueline Wilson mengadakan kompetisi untuk mengetahui apakah ada anak-anak lain yang ingin menulis cerita sendiri tentang murid-murid di kelas Mr. Speed, yang ingin menuliskan masalahnya di situs masalah dalam cerita itu. Ternyata ada 15.000 cerita yang masuk. Setelah diseleksi, ada satu pemenang yang menulis tentang Lisa, tapi ceritanya sangat sedih, sehingga JW membuat satu cerita lagi untuk mendapatkan ending yang lebih baik. Jadi ada dua tambahan cerita di novel ini.

Ah, saya selalu suka karya-karya Jacqueline Wilson. Ringan dan bermakna 🙂

Pin It on Pinterest

Shares
Share This