Nonfiction Reading Challenge 2015

nonfiction reading challenge 2015

Setelah ikut banyak reading challenge yang diadakan oleh teman-teman, maka kali ini saya mencoba untuk mengadakan reading challenge sendiri. Ini perdana saya jadi host RC huahaha *sok pede* Jadi kan, awalnya saya tidak ingin menjadi host, tapi setelah saya googling, saya tidak menemukan RC sejenis yang diselenggarakan oleh orang Indonesia. Kebanyakan host luar yang berbahasa Inggris. Mungkin ada, tapi saya tidak temukan. Jadi saya pikir, kalau saya bikin saja untuk kalangan di Indonesia, khususnya blogger buku Indo, mungkin bisa lebih spesifik dan seru.

Nonfiction Reading Challenge 2015 adalah tantangan untuk membaca dan mengulas buku-buku nonfiksi selama Januari sampai Desember 2015.

Latar belakang saya membuat RC ini lebih kepada alasan untuk mengurangi timbunan buku-buku nonfiksi saya di rumah. Selain itu juga setelah saya perhatikan, kebanyakan dari kita (termasuk saya) cenderung lebih suka dan banyak membaca buku-buku fiksi ketimbang nonfiksi. Bagaimanapun, dunia buku itu bukan hanya fiksi saja, melainkan juga banyak buku-buku nonfiksi. Jadi dengan adanya RC ini, saya menantang diri saya dan siapa saja yang ingin berpartisipasi untuk membaca buku-buku nonfiksi. Lewat tantangan ini, diharapkan kita bisa mengetahui lebih banyak informasi buku-buku referensi atau nonfiksi yang asyik dan berkualitas.

Aturan Main

  1. Wajib memasang banner RC ini di sidebar blog kamu selama challenge berlangsung yang ditautkan ke link master post kamu. Banner yang dimaksud adalah gambar yang ada di postingan ini (yang di atas). Atau copy paste aja kode berikut ini di blog kamu:

    Ganti tulisan linkpostingankamudiblog.com pada kode dengan link postingan master kamu tentang challenge ini. Ukuran gambar bisa kamu ubah sesuai ukuran sidebar blog kamu. Ganti saja angka 140 sesuai kebutuhan.

  2. Buku yang dibaca adalah buku-buku nonfiksi selama tahun 2015. Target jumlah buku bebas, tidak ada syarat minimal. Tema bebas. Ketebalan bebas. Boleh buku agama, boleh umum. Boleh e-book, boleh buku cetak
  3. Wajib membuat reviewnya di postingan blog kamu (tema blog bebas) dan disetting umum (tidak private)
  4. Ulasan harus orisinil, tidak boleh copy paste dari orang lain
  5. Pendaftaran dibuka sampai November 2015
  6. Boleh re-read asalkan membuat review baru
  7. Membuat master post. Link master post ditulis di kolom komentar di postingan ini saja sebagai patokan jumlah peserta yang mengikuti RC ini. Yang dimaksud master post itu adalah postingan informasi di blog kamu tentang reading challenge ini supaya orang-orang tahu kalau kamu ikut challenge ini. Bisa juga isinya tambahan alasan kenapa pengen ikut, buku apa rencana yang mau dibaca, berapa target jumlah buku yang kamu tetapkan, dan sebagainya.
  8. Diharapkan membuat wrap up post dari RC ini untuk 6 bulan pertama dan juga di akhir tahun yang berisi buku apa saja yang berhasil dibaca dan direview, dan buku apa yang paling kamu suka dari semua yang kamu baca. (Wrap up post itu maksudnya postingan progress bacaan kita. Misal setelah 6 bulan, buku apa saja yang sudah kita baca, kendalanya apa, dsb.)
  9. Disarankan (tidak wajib) link postingan wrap up per 6 bulan dan 1 tahun bisa dimasukkan/diupdate di master post yang kamu buat supaya saya mudah nanti track progressnya.

Selain untuk tantangan pada diri kita sendiri, tentu akan ada reward yang saya sediakan.

Reward

Saya membagi 2 macam reward, yaitu:

  • 6 bulan pertama akan dipilih 2 orang yang beruntung dan akan mendapatkan voucher belanja buku senilai Rp. 160.000 dan Rp. 140.000
  • Akhir tahun akan dipilih 2 orang yang beruntung dan akan mendapatkan voucher belanja buku senilai masing-masing Rp. 200.000

Voucher tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli buku di toko online lokal Indonesia saja. Nilai voucher ditetapkan setelah harga diskon (jika di tokonya menerapkan sistem diskon). Jadi misal harga buku normal Rp. 50.000, setelah diskon jadi Rp. 40.000, maka nilai yang akan dihitung adalah yang Rp. 40.000. Masing-masing pemenang (yang 3 orang itu) akan mendapatkan bonus budget ongkir masing-masing senilai Rp. 20.000 di luar voucher. Sisa kekurangan ongkir (bila lebih dari Rp. 20.000) akan dipotong dari nilai voucher. Gimana, cukup lumayan kan?

Penilaian:

  • Kualitas ulasan buku (nilai dalam buku, bahasa santun, tidak hanya menceritakan isi buku tetapi juga kelebihan dan atau kekurangannya)
  • Jumlah buku yang dibaca dan diulas

Memang sih, rewardnya ga seberapa. Cuma reward kecil-kecilan. Tapi semoga yang kecil itu bisa menambah motivasi. Yang paling penting adalah membaca bukunya 🙂

=================

Setor Link Review

Untuk menyetor link review, silakan mengisi formulir di bawah ini ya. Atau bisa juga langsung ke halaman link form-nya di sini

Untuk melihat list review yang sudah masuk, silakan mengunjungi halaman ini.

—————–

Target Pribadi Saya (Bukan syarat challenge lho ya…Tapi kalau mau ikut target ini ya monggo…)

Untuk challenge buat saya pribadi, saya berniat membaca 1 buku nonfiksi umum dalam sebulan di luar buku agama, karena saya sudah ikut Islamic Reading Challenge (IsRC) dan Indonesian Moeslim Reading Challenge (IMRC) juga tahun ini. Jadi niatnya saya akan membaca buku-buku nonfiksi umum. Yah, kalau mepet nanti tidak sempat, mungkin saya masukkan juga buku agama yang sudah dibaca hahaha 😛

My Goal: 12 buku setahun

Pin It on Pinterest

Shares
Share This