misteri-alam-ghaib-at-tahdziru-min-asy-syaithanJudul: Misteri Alam Ghaib
Judul Asli: At-Tahdziru min asy-Syaithan
Penulis: Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab al-Wushabiy al-‘Abdaliy
Penerjemah: Abu Thahir
Penerbit: Daar Ibnu ‘Abbas
ISBN: 9789791244381
Tebal: 266 halaman
Tahun Terbit: 1435 H / 2014
Genre: Agama Islam, Aqidah dan Tauhid
Rating: 3/5

Allah Ta’ala di dalam Al-Qur’an telah menyebutkan secara gamblang dan sejelas-jelasnya bahwa syaithan adalah musuh bagi kita, musuh yang sangat nyata. Bahkan, ada banyak sekali hadits shahih rasulullah Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam yang menyebutkan tentang alam ghaib seputar jin dan syaithan sebagai dalil pendukung ayat-ayat Al-Qur’an yang bercerita tentang dunia jin dan syaithan. Semua ini tentunya ditujukan kepada umat Islam untuk dipelajari dan dipahami agar kita bisa menjauhi apa-apa yang menjadikan kita sebagai sahabat syaithan, sebab kata Allah ta’ala di dalam kitab-Nya, bahwa sahabat atau pengikut syaithan itu tempatnya di neraka.

“Sesungguhnya syaithan adalah musuh bagi kalian, maka jadikanlah ia musuh (kalian), sesungguhnya syaithan itu mengajak para pengikutnya agar menjadi penghuni neraka (sa’ir) yang menyala-nyala” (QS. Fathir : 6)

Masalahnya, dalil demi dalil tersebut mungkin bagi sebagian kita agak kesulitan untuk mencarinya karena keterbatasan ilmu. Umumnya sebagian kita saat ini, jika ingin belajar ilmu aqidah tentang alam ghaib atau mencari dalil terkait hal tersebut, kita cenderung mencarinya di internet. Lebih cepat dan mudah. Meskipun begitu, ada banyak juga yang mencari informasi tersebut lewat buku-buku bertema tentang alam ghaib. Pertanyaannya adalah, “Apakah sumber internet dan buku yang kita pakai itu sudah shahih dan tepat?” Bisa iya, bisa tidak. Maka menjadi hal penting untuk mencari informasi atau belajar aqidah dari sumber-sumber yang shahih.

Nah, buku Misteri Alam Ghaib yang disusun oleh Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab al-Wushabiy al-‘Abdaliy ini bisa menjadi salah satu jawaban bagi kita. Buku ini merupakan satu dari sekian banyak referensi shahih bagi kaum muslimin yang ingin mempelajari ilmu seputar jin dan syaithan. Penulis membagi buku ini menjadi 14 bab. Mulai dari pengenalan terhadap apa itu jin dan syaithan, sifat-sifatnya, amalan-amalan syaithan, sampai kaitannya dengan manusia disusun secara lengkap dan runut oleh penulis.

Kelebihan buku ini selain hanya mencantumkan dalil-dalil shahih, juga terletak pada sistematika penyusunan dan pengelompokkan tema pembahasan sehingga pembaca akan sangat mudah mencari topik-topik tertentu dari daftar isi. Selain itu, penulis juga tidak hanya mengumpulkan berbagai ayat dan hadits yang menunjukkan segala informasi tentang jin dan syaithan, tetapi juga atsar dan faedah-faedah dari berbagai risalah yang juga diketahui berasal dari sumber yang shahih. Beberapa hadits dhaif yang banyak beredar di masyarakat juga dibahas di buku ini dengan tujuan agar umat Islam bisa menghindarinya.

Barangkali, satu-satunya kekurangan yang saya rasakan, menurut saya pribadi, adalah ketiadaan penjelasan tambahan dari dalil yang ada. Buku ini hanya mencantumkan kumpulan dalil terkait tema alam ghaib, tidak ada penjelasan lainnya, sehingga bagi kita yang pemula mungkin membutuhkan referensi tambahan atau guru untuk penjelasan yang lebih memadai agar tidak salah paham. Walaupun begitu, tidak semua dalil memerlukan penjelasan. Mayoritas dalil bisa kita pahami hanya dengan membaca redaksinya saja, sebab di dalamnya sudah tercakup penjelasan yang cukup memadai.

Saya pribadi menjadi lebih terbuka cakrawalanya tentang alam ghaib setelah membaca buku ini. Masih banyak hal-hal yang ternyata kita tidak tahu tetapi sering bersinggungan dengan kehidupan kita sehari-hari terkait alam ghaib ini. Mimpi, makan dan minum, buang air, berpakaian, serta berbagai aktivitas keseharian manusia tak luput dari jerat syaithan. Contohnya seperti penyakit infeksi lambung, seorang lelaki yang marah kepada istrinya, keragu-raguan manusia, lupa dan tidak konsentrasi, atau hal-hal lainnya ternyata berasal dari syaithan untuk menggiring kita agar salah jalan, agar tergoda, dan ujung-ujungnya menjadi teman mereka di neraka.

Bagi penuntut ilmu atau mereka yang membutuhkan referensi tentang alam ghaib, buku ini sangat saya rekomendasikan. Buku ini bisa menjadi semacam indeks untuk mencari ayat atau hadits seputar tema alam ghaib. Bagi pemula pun buku ini sangat bisa dijadikan sebagai bahan belajar karena isinya sangat lengkap dan bermanfaat untuk mengetahui apa yang boleh dan apa yang tidak boleh kita lakukan agar terhindar dari godaan dan gangguan syaithan. Semoga dengan membaca buku Mister Alam Ghaib ini, kita jadi lebih mawas diri dalam setiap langkah kehidupan kita. Aamiin.

salah satu halaman daftar isi buku Misteri Alam Ghaib (dok. pribadi)

salah satu halaman daftar isi buku Misteri Alam Ghaib (dok. pribadi)

*Ulasan ini diikutsertakan pada proyek battle challenge #31HariBerbagiBacaan

Pin It on Pinterest

Shares
Share This