Bagi para pecinta buku, mengetahui di mana saja tempat untuk berburu buku merupakan sesuatu yang sangat menarik dan menyenangkan. Kalau saya lebih suka menyebutnya dengan istilah wisata buku karena perasaan berburu buku itu seperti perasaan wisatawan yang akan mengunjungi suatu tempat wisata. Seru!

Nah, bagi yang berdomisili di Medan atau para pecinta buku yang suatu saat akan berkunjung ke Medan, berikut ini saya coba daftar tempat-tempat penjualan buku baik baru maupun bekas yang ada di Medan sepengetahuan saya. Sebenarnya sudah lama saya ingin membuat postingan ini, tapi baru ini sempat, setelah hiatus ngeblog selama 2 bulan lebih dikit. Jadi, mari kita lihat

1. Pasar Buku Bekas Lapangan Merdeka
Lokasinya terletak di lantai dua pelataran parkir stasiun kereta api lapangan merdeka, tepat di seberang depan stasiun kereta api. Sebelumnya ini merupakan pindahan dari titi gantung, lalu pindah ke lapangan merdeka. Karena akan dibangun ulang, maka kios-kios ini pindah sementara di sepanjang Jl. Pegadaian. Dan sekarang sudah kembali lagi ke lapangan merdeka. Jadi sudah 3 kali pindah hihi. Di sini banyak kios-kios buku bekas, tapi ada juga jual buku-buku baru keluaran cuci gudang penerbit dengan harga miring, kadang sampai separuh harga normal. Selain buku asli, di sini juga ada dijual buku KW alias bajakan, tapi itu umumnya buku-buku novel lokal yang best seller atau buku teks kuliahan. Kalau di pasar buku ini, kita harus pintar menaksir harga dan melakukan penawaran.

2. TB Gramedia
Kalau ini sudah pastilah ya ada di kota besar. Untuk di Medan, tobuk Gramedia ada banyak cabang.
– Cabang Utama di Jl. Gajah Mada No. 23 Medan
– Cabang Medan Mall – Lt 4, Jl. M.T. Haryono, Medan
– Cabang Hotel Santika
– Cabang Sun Plaza
– Cabang Plaza Medan Fair di Jl Gatot Subroto No. 30
– Cabang Hermes Place di Jl. Mongonsidi

3. TB Malioboro
Tobuk ini khusus menjual buku-buku bekas seperti komik, buku anak, novel jadul, majalah, dsb. Letaknya di Jl. Veteran, di seberang tugu Sambu belakang Medan Mall. Tokonya kecil, tapi isinya padat. Saya kalau hunting komik jadul selalu di sini karena bukunya cukup lengkap dan harganya murah.

4. Books & Beyond
Tobuk yang menjual buku-buku impor ini terdapat di dua lokasi, yaitu:
– Sun Plaza, di lantai 1, dekat pintu samping
– Plaza Medan fair di lantai dasar, dekat tempat display promo mobil
Tentang Books & Beyond, pernah saya ulas di postingan ini.

5. Periplus
Seperti B&B, Periplus juga menjual buku-buku impor. Terletak di Gedung Cambridge Jl. Letjen S. Parman No. 217, LG-B16-17 (di lantai dasar). Selain itu, Periplus juga ada di bandara Kualanamo.

6. TB Sumber Ilmu
Tobuk ini menjual buku-buku agama Islam, baik secara grosir maupun ecer. Ada juga buku-buku umumnya dikit. Kalau beli banyak biasanya suka dikasih diskon cukup besar di sini. Letaknya di Jl. Riau No. 85, di seberang Tugu Sambu belakang Medan Mall. Ada blognya di sini. Saya suka belanja buku di sini kalau dalam jumlah banyak karena boleh dapat diskon agak lumayan hehe.

7. TB Sembilan Wali
Tobuk Sembilan Wali alias Wali Songo, letaknya di Jl. Iskandar Muda No. 105, tepat di simpang empat. Tobuk ini khusus menjual buku-buku agama Islam, baik fiksi maupun nonfiksi. Kalau punya kartu member, kita bisa dapat diskon 5%.

8. TB Toha Putra
Toha putra merupakan toko buku grosiran maupun ecer. Menjual berbagai buku umum maupun agama Islam dari berbagai penerbit. Terletak di Jl. Sisingamangaraja No. 8-B, sebelum kolam renang Paradiso.

9. TB Kedai Moslem
Letaknya di Jl. Amaliun No. 137, berupa ruko dua gandeng bertingkat. Tobuk ini selain menjual buku-buku agama Islam juga perlengkapan busana muslim. Di sini juga berlaku keanggotaan. Kalau kita ada kartu member, kita bisa dapat diskon sampai 20% untuk buku-bukunya. Lumayan ‘kan?

10. Titi Gantung
Sebenarnya tobuk di Titi Gantung ini sudah pindah ke Jalan Pegadaian, tapi masih ada beberapa toko buku yang bertahan di bagian bawah Titi Gantung. Kalau pas rezeki, kadang-kadang suka ada buku-buku bagus di toko-toko itu. Lokasinya agak ke bagian bawah kalau kita turun dari jembatan yang ke arah Center Point.

***

Yang saya ketahui rasanya cuma segini saja. Mungkin masih ada tobuk lainnya yang saya belum tahu atau terlupa/terlewat. Kalau ada teman-teman yang punya informasi tempat penjualan buku di Medan yang belum tercantum di sini, bolehlah tolong dituliskan di kolom komentar ya. Saya sangat senang bila Anda mau melakukannya. Terima kasih 🙂

UPDATE
Postingan telah diupdate pada tanggal 10 Oktober 2017

Pin It on Pinterest

Shares
Share This