Bagi mereka yang menjalani masa kecilnya di tahun 90-an, tentu akan sangat familiar dengan buku dongeng anak-anak bergambar ini. Bukunya tipis, penuh warna, kertasnya lux dan licin, berisi aneka dongeng ternama disertai pesan moral di setiap akhir cerita. Dan buku inilah yang pertama kali membuat saya sukaaaaa sekali dengan buku.

Dulu, tahun 94 sampai 95, mamak (ibu, red) saya suka mengajak saya dan kedua adik jalan-jalan ke toko buku. Di Jambi, kota kami dulu sebelum pindah ke Medan, ada TB Gramedia dan Gunung Agung. Selain buku-buku pelajaran, kami kerap kali ke rak buku dongeng anak-anak bergambar ini, terutama saya. Saya suka sekali buku-buku ini. Awal ketertarikan saya adalah karena bukunya cantik, halus, penuh warna-warni yang menarik, juga gambar-gambarnya cantik-cantik dan lucu. Tulisannya besar-besar dan tidak terlalu panjang. Wah, pokoknya setiap ke toko buku, saya selalu minta dibelikan buku ini.

Ada banyak judul dari seri buku dongeng anak bergambar ini. Dulu kan terbitnya bertahap ya, jadi setiap ada judul baru dan berbeda, saya selalu beli dan simpan di meja belajar (dulu sih belum kenal istilah koleksi). Saat SD, saya sudah punya banyak sekali buku-buku ini. Adik-adik juga suka. Karena buku inilah akhirnya saya jatuh cinta pada buku. Saya ingin baca buku lain. Waktu itu ada cerita rakyat, komik anak-anak seperti Doraemon, juga buku-buku pengetahuan buat anak-anak. Nah, sewaktu pindah ke Medan, buku-buku itu kami bawa juga. Tapi sayang, dulu saya tidak begitu ingat, buku-buku itu dipinjam saudara kami tapi tidak balik-balik lagi, termasuk buku-buku lain yang pernah kami kumpulkan. Karena saya dulu masih SD, jadi ga keingat-ingat, udah lama baru ingat hehe…

Akhirnya sejak mulai ngumpulin buku lagi, saya mulai hunting buku dongeng anak-anak bergambar ini lagi. Sekarang sudah mulai terkumpul sekitar 30-an buku. Judul yang pernah terbit itu ada 82 judul. Jadi perjalanan mengumpulkan buku ini masih puanjangggg ^^

buku dongeng anak-anak bergambar yang sudah terkumpul

buku dongeng anak-anak bergambar yang sudah terkumpul

Nah, inilah buku-buku yang sudah terkumpul. Sebagian masih di OS buku, belum dikirim. Kepingin ngumpulin sampai lengkap, sebab buku ini banyak sekali kenangan sejarahnya bersama ayah dan mamak kami. Mamak saya suka membaca, dan kami jadi suka membaca juga karena sering diajak jalan-jalan ke toko buku. Setiap membaca buku ini, saya selalu teringat masa kecil di Jambi. Suka dan dukanya nyampur. Pokoknya sayang sekali sama mamak dan ayah yang udah memberikan yang terbaik buat kehidupan kami ^^ (hiks, jadi mewek)

Update 2015

Buku-buku dongeng seri ini sudah 99% terkumpul semua kecuali nomor terakhir yang berjudul “Sabun Ajaib”. Terima kasih atas kepada semua pihak yang sudah membantu saya mengumpulkan buku ini.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This