Sayang rasanya bila tidak merekam jejak Alif di beberapa tempat menarik yang menjadi setting novel Rantau 1 Muara. Berikut ini adalah tempat-tempat dan informasi yang saya catat dan menurut saya menarik untuk dinikmati. Bahkan, jika suatu saat Anda berkunjung ke New York dan Washington DC, tempat-tempat ini mungkin bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda.

George Washington University (GWU)

Universitas ini berlokasi di Washington DC dan merupakan universitas terbesar di sana. Dikenal lewat program-programnya dalam hubungan internasional, ilmu politik, hukum, dan pengobatan. Di universitas inilah Senator Fulbright pernah mengecap pendidikan. Fulbrightlah yang menggagas beasiswa Fulbright yang diikuti oleh Alif. Universitas ini juga merupakan tempat kuliah sebagian orang-orang besar di Amerika. Kampus utama GW terdiri dari 43 hektar di kawasan Foggy Bottom dan berlokasi beberapa blok dari Gedung Putih, World Bank, dan IMF.

The Midcampus Walk, through Professor's Gate

The Midcampus Walk on Foggy Bottom, through Professor’s Gate

University Yard

University Yard, tempat Alif kadang-kadang makan siang

Salah satu gedung kampus

Salah satu gedung kampus

Kredit foto: Wikipedia

Potomac River

Sungai Potomac adalah salah satu sungai yang terletak di Amerika Serikat bagian timur dan merupakan sumber air bersih di tiga negara bagian; Carolina Utara, Maryland dan Virginia Barat. Sungai ini memiliki panjang 652 km (405 mil). Di sungai inilah Alif dan Mas Garuda mendayung kano.

Sungai Potomac

Sungai Potomac

Thompson Boat Center (tempat menyewa kano) dan di seberangnya adalah Theodore Roosevelt Island

Thompson Boat Center (tempat menyewa kano) dan di seberangnya adalah Theodore Roosevelt Island

Kredit foto: Wikipedia

Library of Congress

Library of Congress adalah perpustakaan nasional Amerika Serikat sekaligus pusat riset Kongres AS. Perpustakaan ini terdiri dari 3 gedung; Thomas Jefferson Building, John Adams Building, dan James Madison Memorial Building, dan merupakan perpustakaan terbesar di dunia dari segi luas rak buku dan jumlah koleksi bukunya. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 32 juta judul bahan pustaka yang ditulis dalam 470 bahasa, 61 juta manuskrip, dan koleksi buku langka terbesar di Amerika Utara, termasuk naskah Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat dan Kitab Gutenberg. Selain itu, perpustakaan ini juga menyimpan lebih dari 1 juta judul terbitan pemerintah Amerika Serikat, 33.000 volume surat kabar yang dijilid, 1 juta terbitan surat kabar dari seluruh dunia selama 3 abad terakhir, 500.000 gulung mikrofilm, lebih dari 6.000 judul buku komik, dan koleksi literatur hukum terbesar di dunia. Koleksi bahan nonbuku terdiri dari film, 4,8 juta judul peta, lembar musik, 2,7 juta judul rekaman suara, lebih dari 13,7 juta lembar foto (termasuk gambar arsitektur), serta biola Betts Stradivarius dan Cassavetti Stradivarius. (sumber: Wikipedia)

Dari cerita Alif, bahkan perpustakaan ini memiliki koleksi buku-buku langka sastra Indonesia dari sejak masa Hindia Belanda.

Library of Congress

Library of Congress

rak buku library of congress

rak buku library of congress

ruang baca utama Library of Congress

ruang baca utama Library of Congress

Kredit foto: Library of Congress

Halal Gyro

Halal Gyro

Halal Gyro

Lamb over rice, khas Halal Gyro. Hmm...bikin ngilerrr

Lamb over rice, khas Halal Gyro. Hmm…bikin ngilerrr

Kredit foto: Ahmad Fuadi

Khusus foto Halal Gyro dan makanannya ini saya ambil dari Twitternya penulis sendiri hihi, habis penasaran, gimana sih Halal Gyro itu, kayaknya enak sekali kalau baca deskripsi di novel. Jadi kepinginnn…^^

Sebenarnya masih banyak sekali tempat-tempat yang menjadi setting novel ini, tapi rata-rata sudah umum kita tahu (saya, maksudnya). Dan sepertinya cukup segini saja dulu wisata buku Rantau 1 Muara ini ya. Ternyata Ahmad Fuadi sendiri baru dari tempat-tempat yang menjadi setting novel tersebut bulan Juni yang lalu. Lengkapnya bisa dilihat dan dibaca di Chirpstory beliau

Pin It on Pinterest

Shares
Share This