Buku Jelajah Daerah Bersama Bimbi Karya Farida Hanim

Judul Buku: Jelajah Daerah Bersama Bimbi
Penulis: Farida Hanim
Ilustrastor: Alissa Mumtaz Nameera
Penerbit: BRIN
Tebal: 29 halaman
Tahun Terbit: Maret 2023
ISBN: 978-623-8052-59-2 (e-book)
Peresensi: Evyta AR

 

Pernahkah Anda mencicipi masakan yang kaya rasa tetapi pas di lidah? Ada sedikit rasa manis, asin, gurih, dan asam yang tidak terlalu kuat. Ada aroma sedap keluar bersama kepulan asap yang menggugah selera. Rasanya puas sekali setelah menyelesaikan suapan terakhir. Anda akan merasa sangat bahagia.

Bayangkan jika pengalaman serupa terjadi untuk sebuah buku! Rasanya sangat menyenangkan, ya? Dan saya mendapatkan pengalaman tersebut dari buku anak karya penulis asal Surabaya yang berjudul Jelajah Daerah Bersama Bimbi. Buku anak yang kaya rasa dan lengkap. Membacanya membuat saya bahagia.

Buku Jelajah Daerah Bersama Bimbi merupakan nonfiksi naratif yang ditulis oleh Farida Hanim dan diilustrasikan oleh Alissa Mumtaz Nameera. Duo ibu dan anak ini mengisahkan salah satu tanaman yang paling banyak manfaatnya, yakni bambu. Dengan menggunakan tokoh Bimbi si bambu kecil, penulis mengajak kita untuk mengeksplorasi dunia bambu dengan cara mengasyikkan.

Buku anak dengan ketebalan 29 halaman ini bisa dikatakan sangat lengkap, serasa ensiklopedia. Dikemas dengan bahasa yang ringan dan ilustrasi yang cantik penuh warna-warni, tokoh Bimbi menjelajahi banyak daerah untuk mengenalkan kepada kita bentuknya, membedakan bagian-bagiannya, sampai memahami pemanfaatan tanaman bambu di berbagai penjuru daerah di Indonesia.

Halaman Isi Buku Jelajah Daerah Bersama Bimbi
Contoh Halaman Isi Buku Jelajah Daerah Bersama Bimbi

Kita akan diajak jalan-jalan ke rumah bambu ala masyakarat Pulau Flores, lalu mencoba permainan tradisional di beberapa provinsi, dan memainkan alat musik dengan suara-suara unik. Selain itu, tokoh Bimbi akan menyuguhkan makanan lezat yang terbuat dari bambu dan juga mengajak kita mengenal saudara-saudaranya yang sangat banyak itu. Seru sekali!

Yang tak kalah menarik dari buku Jelajah Daerah Bersama Bimbi adalah kekayaan pengetahuan yang ada di dalamnya. Tidak hanya pengetahuan sosial dan seni budaya saja, penulis juga menyelipkan aspek sains, teknologi ramah lingkungan, ekonomi kreatif, dan geografi di dalam karyanya. Paket lengkap. Saya bisa merasakan keseriusan penulis dalam menggarap buku ini lewat daftar referensi yang digunakannya.

Buku ini diterbitkan oleh BRIN sebagai salah satu karya terpilih dalam program akuisisi pengetahuan lokal tahun 2023 di bawah lisensi Creative Commons. Artinya, kita bisa mengunduh dan membacanya secara gratis. Bukankah ini sangat memudahkan?

Jelajah Daerah Bersama Bimbi bagi saya seperti masakan yang komplet dan enak di lidah. Buku yang membuat saya bahagia dan membuka dunia baru. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda mau mencicipinya juga? Kalau iya, Anda dapat mengunduh bukunya di sini, ya!

Resensi Buku Jelajah Daerah Bersama Bimbi