Seri Ushul Tsalatsah for Kids - Mengenal Allah oleh Arnida Sharah AuliJudul: Mengenal Allah
Penulis: Arnida Sharah Auli
Ilustrator: DK Wardhani dan Tiffa N. Tanuwigena
Penerbit: Ahlan Pustaka Umat
ISBN: 978-602-61452-0-8
Tebal: 25 halaman
Tahun Terbit: September 2017
Cetakan: Kedua
Genre: Agama Islam, Aqidah, Buku Anak Muslim
Rating: 5/5

Saya masih ingat, ketika saya selesai membaca buku Ulasan Tuntas tentang 3 Prinsip Pokok karya Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, saya berharap di dalam hati, andaikan saja ada versi buku anak-anaknya yang mengupas tentang ushul tsalatsah, tentu akan sangat bermanfaat untuk pembaca anak-anak. Dan, alhamdulillaah, harapan saya tersebut ternyata Allah ta’ala penuhi dua tahun kemudian di buku Mengenal Allah terbitan Ahlan Pustaka Umat ini.

Mengapa pembahasan tema ushul tsalatsah ini sangat penting? Kita pasti sudah paham bahwa risalah yang dibawa seluruh nabi dan rasul adalah tauhid, yakni meng-Esa-kan Allah, dan ini termasuk aspek dasar aqidah seorang muslim. Dan 3 prinsip pokok ajaran Islam yang termaktub di dalam ushul tsalatsah merupakan poin utama yang akan dipertanggungjawabkan pertama kali di alam kubur nanti.

Lalu mengapa buku anak? Seseorang yang dewasa tidaklah langsung dewasa, melainkan pasti melewati fase anak-anak. Terkadang ketika orangtua ditanya anaknya, “Ma, Allah ada di mana?” Dengan polosnya sang ibu menjawab, “Allah ada di mana-mana.” Pemahaman seperti ini tentu tidaklah tepat dan tidak sesuai dengan petunjuk Allah dan nabi-Nya. Maka menjadi teramat penting bagi anak untuk membentuk pemahaman akidah yang lurus sejak dini, sebab nantinya pemahaman inilah yang akan menjadi pondasi utama anak-anak dalam kehidupan. Ada banyak kasus penyimpangan akidah terjadi disebabkan oleh ketidakpahaman seseorang dan sulitnya mengubah paradigma berpikir. Kesalahan-kesalahan dalam akidah ini jika sudah terlalu berakar di tengah masyarakat akan sangat tidak mudah untuk memperbaikinya. Oleh karena itu, memahamkan akidah sejak dini kepada anak-anak menjadi salah satu tujuan dasar pendidikan Islam.

Buku Mengenal Allah mengajarkan anak tentang siapa dan di mana Allah, apa saja sifat-Nya, dan materi yang berkaitan agar anak-anak bisa mengenal penciptanya. Buku setebal 25 halaman yang ditulis oleh Arnida Sharah Auli ini dikemas dengan ilustrasi berwarna yang sangat menawan dari goresan tangan DK. Wardhani dan Tiffa N. Tanuwigena. Saya cukup familiar dengan nama DK. Wardhani karena buku-buku karya ilustrasi beliau sudah banyak beredar.

Yang saya suka dari buku ini adalah ilustrasinya yang penuh warna dan dilukis tangan oleh ilustratornya, bukan vektor grafis, jadi benar-benar orisinil dan sangat indah. Karakter yang digambar juga faceless, tanpa wajah, sehingga lebih menghindarkan kita dari hal-hal yang kurang disepakati. Materi yang disampaikan di dalam buku ini bersumber dari referensi yang shahih dan sudah diperiksa pula oleh Ustadz Muhtarom Abu Abdil Aziz selaku orang yang memiliki kapasitas ilmu yang mumpuni, sehingga orangtua pun tidak perlu khawatir dengan validitas ilmu yang disampaikan di dalamnya.

isi dalam buku Mengenal Allah


kredit foto: Ahlan Pustaka Umat

Buku anak yang cantik ini ditulis dengan gaya penceritaan yang sederhana dan ringan sehingga akan mudah dipahami oleh anak-anak, in sya Allah. Selain itu, yang juga saya suka dari buku ini adalah ditambahkannya fitur muroja’ah, di mana orangtua dan anak diajak untuk mengikuti semacam permainan sederhana mencari berlian, yang nantinya akan ada surat dan ayat Al-Quran untuk rujukan anak-anak agar lebih mengenal Allah.

Sayangnya, fitur muroja’ah yang terdapat di setiap halamannya, menurut saya, ditampilkan dengan visual yang sangat kecil sehingga sedikit kurang nyaman untuk saya lihat. Maklum, faktor umur juga berpengaruh. Apakah memang sengaja dibuat sedemikian rupa sebagai bentuk permainan untuk ‘mencari sesuatu’ ataukah agar pembaca bisa lebih jeli, saya tidak tahu pasti alasan penerbit membuat tata letak muroja’ahnya seperti itu. Jika bukan karena alasan tersebut, saya berharap fitur muroja’ah yang ada di tiap halamannya mungkin bisa dibuat dalam bentuk visual yang lebih besar dan jelas, semacam kolom atau kotak khusus barangkali, sehingga anak-anak yang sudah bisa membaca pun bisa dengan mudah menelusurinya.

Selain buku ini cantik, isinya berkualitas dan bisa dipercaya, para orangtua juga bisa mengadopsi bahan materi di dalamnya untuk mengembangkan materi pendidikan anak di rumah, misalnya dengan membuat permainan yang sesuai tema atau bahkan mengeksplorasi poin-poin di dalamnya untuk dikembangkan menjadi kurikulum belajar di rumah. Masya Allah.

Saya suka buku terbitan Ahlan Pustaka Umat ini. Meskipun penerbit ini terbilang baru di belantara penerbitan buku di Indonesia, tapi saya optimis, penerbit ini mampu menjadi salah satu trend setter bacaan Islam yang berkualitas dan terpercaya, bersanding dengan penerbit-penerbit Islam lainnya. Semoga penulis, ilustrator, editor, penerbit, penjual dan pembaca buku ini mendapatkan keberkahan dan menjadikan buku ini sebagai amal jariyah. Aamiin.

NB: Bagi yang berminat dengan buku ini bisa menghubungi saya di SMS atau WA 085760524911

Pin It on Pinterest

Shares
Share This