Sifat Shalat Nabi - Syaikh Muhammad Al-UtsaiminJudul: Sifat Shalat Nabi
Judul Asli: Sifatush Shalat
Penulis: Syaikh Muhammad al-Utsaimin
Penerjemah: Umar Mujtahid, Lc
Penerbit: Ummul Qura
ISBN: 978-602-7637-52-8
Tebal: 296 halaman
Tahun Terbit: Oktober 2016
Genre: Agama Islam, Ibadah, Fikih
Rating: 5/5

Buku yang membahas cara shalat yang benar pasti sudah banyak sekali diterbitkan oleh berbagai penerbit dan beredar di tengah-tengah masyarakat. Pun sudah banyak pula yang mengulasnya, tentu dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saya bahkan pernah mengulas sebuah buku sederhana namun padat makna 3,5 tahun lalu dengan judul Sifat Shalat Nabi karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani yang diterbitkan oleh Pustaka Ibnu Katsir, yang saya masukkan ke dalam salah satu buku-buku paling berpengaruh bagi hidup saya.

Kali ini, saya ingin berbagi kegembiraan setelah memperoleh dan membaca buku dengan judul yang sama namun ditulis oleh penulis dan penerbit yang berbeda. Kegembiraan ini tidaklah sama dengan kegembiraan saya mendapatkan makanan enak atau materi berlimpah, melainkan kegembiraan karena mengetahui betapa khazanah ilmu keislaman semakin kaya dan kita sangat dimudahkan dalam mempelajari agama kita sendiri lewat buku-buku berkualitas.

Buku ini, Sifat Shalat Nabi ﷺ , ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin dan diterbitkan oleh Ummul Qura, salah satu lini penerbit Aqwam. Seperti kebanyakan buku dengan tema sejenis, buku ini juga mengupas tuntas tentang tata cara shalat yang dicontohkan Nabi Muhammad ﷺ dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Dibagi menjadi 12 bab utama, pembaca akan menemukan ilmu yang bermanfaat tentang shalat, mulai dari makna dan keutamaan shalat, hukum-hukumnya, syarat dan sifat shalat sesuai riwayat dari Rasulullah ﷺ, hingga berbagai kaidah fikih seputar shalat yang umumnya kita jumpai dalam keseharian.

Penulis menyadarkan kita lewat buku ini bahwa nabi mencontohkan banyak posisi atau tata cara shalat agar umatnya bisa menyuburkan sunnah dengan cara yang sama seperti yang dicontohkan. Hal ini membuka mata saya bahwa beberapa perbedaan gerakan shalat ternyata memang ada dicontohkan nabi, tentunya yang sesuai dalil shahih, dan seharusnya kesemuanya itu bisa kita praktikkan dalam keseharian. Di sinilah letak kunci menyuburkan sunnah yang dimaksud. Jadi bukan berarti kita hanya saklek melakukan cara shalat satu macam saja, melainkan apa yang dilakukan nabi pun hendaknya kita lakukan juga, baik dari segi bacaan maupun gerakannya. Selain itu, Syaikh Muhammad al-Utsaimin juga mengupas kasus-kasus yang sering kita jumpai dan menjadi pertanyaan sehari-hari.

“Setelah tiga kali disuruh mengulangi shalatnya, shahabat Nabi itu pun meminta diajari oleh Nabi. Dengan lemah lembut, beliau pun mengajarkan, “Jika engkau hendak shalat maka sempurnakanlah wudhu, lalu menghadaplah ke kiblat, lalu bertakbirlah.” (HR. Bukhari)

Lantas apa keistimewaan dan bedanya dengan buku bertema sama lainnya? Menurut saya, perbedaan inilah yang paling membuat saya terkesan dibandingkan buku tata cara shalat yang pernah saya baca sebelumnya. Sifat Shalat Nabi karya Syaikh Muhammad al-Utsaimin terbitan Ummul Qura ini disusun secara ringkas dan sistematis. Kita tidak akan menemukan banyaknya pembahasan tentang perbedaan fikih atau pendapat seputar shalat, yang seringkali membuat pembaca awam atau pemula bingung. Di buku ini dikupas pendapat jumhur ulama saja, dengan tidak juga meringkas seringkas-ringkasnya, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami secara utuh penjelasan topik yang dimaksud.


Kredit foto: pustakahanan.com

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan foto gerakan shalat agar memudahkan pembaca melihat secara visual posisi-posisi shalat yang benar dan tidak salah penafsiran. Dari segi penataan isi, buku ini menyuguhkan tulisan yang cukup jelas, tidak terlalu rapat, dan tata letak yang lumayan bagus. Apalagi sampulnya yang hardcover dan ketebalannya yang tidak terlalu tebal membuat kegiatan membaca semakin menyenangkan karena bisa dibawa-bawa dan dibaca kapan dan di mana saja tanpa khawatir rusak atau lusuh.

Secara keseluruhan, saya paling suka dengan buku Sifat Shalat Nabi edisi ini. Padat, ringkas, praktis dan menyenangkan untuk dibaca. Bahkan menurut saya, buku ini memiliki potensi untuk dibaca berulang-ulang tanpa membosankan. Seperti yang diperintahkan nabi, bahwa kita hendaknya menyempurnakan shalat, maka buku ini bisa menjadi sarana efektif untuk kita belajar menyempurnakan amalan yang paling pertama dihisab kelak.

Catatan:
Bagi Anda yang berminat dengan buku ini juga dapat menghubungi toko buku rekanan kami di nomor Whatsapp 085760524911

Pin It on Pinterest

Shares
Share This