misteri-doa-doa-malaikatJudul: Misteri Do’a-Do’a Malaikat
Judul Asli: من تصلي عليهم الملائكة ومن تلعنهم
Penulis: Dr. Fadhl Ilahi
Penerjemah: Beni Sarbeni, Lc
Penerbit: Media Tarbiyah
ISBN: 978-979-26-5805-7
Tebal: 144 halaman
Tahun Terbit: Januari 2012
Genre: Agama Islam, Aqidah
Rating: 4/5

Menelusuri alam malaikat memang selalu saja membuat kita takjub, terlebih betapa besar keutamaan dan kelebihan mereka yang patut kita ketahui. Setelah mengenal malaikat lewat bukunya Muhammad bin Abdul Wahhab al-Aqil yang berjudul Menyelisik Alam Malaikat dengan sangat lengkap, maka kita juga perlu menambah pengetahuan dan pemahaman yang lebih spesifik lagi tentang hal-hal yang berkaitan dengan malaikat dan keutamaannya untuk manusia.

“Al-Qur’an dan As-Sunnah telah mengungkapkan bahwa orang-orang yang berbahagia adalah orang-orang yang termasuk ke dalam golongan orang-orang yang dido’akan oleh para Malaikat. Sebagaimana Al-Qur’an dan As-Sunnah telah mengungkapkan bahwa orang-orang yang sengsara adalah orang-orang yang termasuk ke dalam golongan orang-orang yang dilaknat oleh para Malaikat.” (halaman 27)

Salah satu keutamaan yang seharusnya dikejar oleh manusia adalah do’a-do’a malaikat. Jika di buku Menyelisik Alam Malaikat disebutkan hanya sebagian saja golongan-golongan yang dido’akan oleh malaikat, maka di buku yang satu ini, Misteri Do’a-Do’a Malaikat, pembaca akan mengetahui secara lebih lengkap lagi golongan seperti apa yang bisa mendapatkan keutamaan dari makhluk Allah Ta’ala yang do’anya pasti dikabulkan.

Karya Dr. Fadhl Ilahi ini dibagi menjadi dua bab besar; Bab pertama menjelaskan 18 golongan orang yang mendapat do’a dari malaikat, sedangkan bab kedua menjelaskan 12 golongan orang yang mendapat laknat malaikat. Ya, selain do’a, malaikat juga mampu melakukan kebalikannya, do’a keburukan atau laknat bagi sebagian golongan atas izin Allah.

Barangkali kita akan mengira bahwa amalan-amalan yang bisa mendatangkan do’a malaikat itu adalah amalan-amalan yang berat atau ruwet. Padahal nyatanya, amalan-amalan sederhanalah yang banyak menghantarkan manusia memperoleh do’a dari malaikat Allah. Mereka yang bershalawat kepada nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, yang menyambung shaff shalat, yang menjenguk orang sakit, yang menunggu waktu shalat, juga yang mendo’akan saudaranya tanpa sepengetahuan orang tersebut, semua ini adalah sebagian kecil saja dari hal-hal sederhana yang bisa membuat manusia dido’akan oleh malaikat.

Sebaliknya, laknat malaikat juga bisa datang dari hal-hal sederhana, selain juga yang kompleks. Contohnya saja mencela sahabat nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam atau menodongkan senjata kepada seorang muslim, ini termasuk salah satu dari 12 golongan orang yang dilaknat malaikat.

Mengapa sih manusia butuh dido’akan oleh malaikat? Apa kelebihan dari do’a-do’a malaikat sehingga manusia harus berlomba-lomba mendapatkannya? Dan perbuatan apa saja yang harus dihindari manusia agar tidak dilaknat malaikat? Semua pertanyaan ini akan kita dapati jawabannya di buku Misteri Do’a-Do’a Malaikat karya seorang profesor ini.

Dibandingkan buku Menyelisik Alam Malaikat, topik khusus tentang do’a-do’a malaikat lebih lengkap saya dapati di buku Misteri Do’a-Do’a Malaikat ini. Tetapi, jika pembaca ingin mengenal seluk-beluk alam malaikat secara mendalam, maka buku ini tidak selengkap buku sejenis lainnya, karena pembahasan topik tersebut hanya sekilas saja di bagian awal buku sebagai pengantar. Saya lebih merekomendasikan buku Menyelisik Alam Malaikat terbitan Pustaka Imam Syafi’i untuk mengenal malaikat secara utuh dan mendalam. Namun, jika kita hanya ingin mendalami pembahasan do’a-do’a malaikat, buku karya Dr. Fadhl Ilahi ini lebih banyak pembahasannya dan lebih saya rekomendasikan dan, ini menurut saya menjadi salah satu kelebihannya.

Saya suka sekali membaca buku ini. Selain dari bukunya yang tipis dan bisa dibaca sekali duduk, buku ini juga tidak banyak memuat perbedaan-perbedaan pendapat atau hadits, sehingga pembaca awam dapat dengan mudah memahaminya secara ringkas. Tidak berat, in sya Allah.

Semoga dengan membaca buku ini, pembaca menjadi lebih termotivasi untuk melakukan amalan-amalan yang bisa mendatangkan do’a malaikat.

“Mereka, para Malaikat, memohonkan ampunan dengan untaian kalimat tasbih dan tahmid, serta keimanan mereka. Semua ini member isyarat atas sempurnanya perhatian para Malaikat bagi mereka (orang-orang yang beriman) dan memberikan isyarat bahwa permohonan tersebut dikabulkan oleh Allah Ta’ala.” (halaman 4)

*Diikutsertakan dalam proyek battle challenge 31 hari berbagi bacaan dan Islamic Translated Book Reading Challenge 2016.

==========
Dalam rangka pengembangan perpustakaan kami, kami juga membuka divisi usaha berupa toko buku online di Toko Buku Pustaka Hanan. Apabila rekan-rekan sedang mencari buku ini atau buku Islam lainnya, bisa menghubungi kami.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This