Dari Arsip Campur Aduk Mrs. Basil E. FrankweilerJudul: Dari Arsip Campur Aduk Mrs. Basil E. Frankweiler
Judul Asli: From the Mixed-up Files of Mrs. Basil E. Frankweiler
Penulis: E.L. Konigsburg
Penerjemah: Cuning K. Goenadhi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-979-22-2773-4
Tebal: 200 halaman
Tahun terbit: April 2007
Genre: Fiksi Anak
Rating: 4/5

Merasa dirinya selalu melakukan hal yang sama setiap harinya, monoton, dan diperlakukan tidak adil, Claudia memutuskan untuk kabur dari rumah. Ia ingin memberi pelajaran kepada orangtuanya. Tapi, bukan Claudia namanya kalau harus kabur tanpa rencana yang matang. Ia ingin kabur dengan nyaman. Oleh karena itu, ia memilih kabur ke Museum Seni Metropolitan, New York, yang memiliki tempat luas dan banyak area untuk dieksplorasi. Claudia menabung uangnya dan mengajak adiknya, Jamie, untuk ikut. Selain Jamie mudah diajak kerjasama, ia juga anak yang cerdik, terutama pelit, sehingga sudah pasti uang celengannya banyak.

Mereka pun kabur sebelum jam pelajaran sekolah dasar dimulai. Seperti rencana mereka, dengan membawa kotak biola dan trompet yang diisi pakaian, mereka berpura-pura masuk ke museum sebagai pengunjung, lalu bersembunyi di sana sampai museum itu tutup. Menjelajahi ruang demi ruang, mempelajari sejarah demi sejarah seni, tidur di tempat tidur antik dari abad keenam belas, sampai mandi di kolam pancur, semua itu dilakukan oleh Claudia dan Jamie dengan sangat hati-hati tanpa melupakan kesenangan berpetualang.

Tapi, Claudia tidak puas hanya sampai di situ saja. Mereka kemudian menemukan sebuah patung yang sangat indah. Claudia sampai terpukau melihatnya dan merasa ada sesuatu yang berbeda dengan patung itu. Menurut para ahli, tidak ada yang tahu siapa pemahatnya dan apakah patung tersebut asli atau palsu. Claudia merasa dirinya harus memecahkan misteri patung tersebut. Patung itu akan menunjukkan alasan penting mengapa ia melakukan semua ini dan tidak akan pulang sebelum ia menemukan apa hal penting itu. Patung apa ya sebenarnya itu? Dan siapa sih Mrs. Basil E. Frankweiler yang disebut-sebut di judul buku ini?

“Rahasia adalah petualangan yang dibutuhkannya. Memiliki rahasia itu aman, dan membuatmu merasa berbeda. Merasa berbeda di dalam hati.” (halaman 171)

Kisah “Dari Arsip Campur Aduk Mrs. Basil E. Frankweiler” ditulis oleh E.L. Konigsburg pertama kali tahun 1967. Sejak diterbitkannya, buku ini banyak disukai oleh pembaca dari segala usia. Uniknya, meskipun ditulis di tahun 1967, tetapi perasaan dan suasana yang kita rasakan ketika membaca buku ini hampir tidak ada bedanya dengan masa-masa sekarang, masa yang lebih modern. Saya hampir tidak menyadari perbedaan waktu yang cukup jauh tersebut. Padahal, kalau kita mau membandingkan latar di tahun 1967 tentu akan sangat jauh berbeda dengan tahun 2000 ke atas, tapi itu tidak terlihat di karya penulis Amerika yang satu ini. Kalau boleh saya menyebutnya semacam karya yang evergreen, barangkali, relevan sampai kapanpun.

Dari Arsip Campur Aduk Mrs. Basil E. Frankweiler memenangkan Newberry Award tahun 1968 untuk kategori American children’s literature. Buku ini juga masuk di dalam daftar Teachers’ Top 100 Books for Children berdasarkan polling tahun 2007 oleh Asosiasi Pendidikan Nasional Amerika Serikat. Selama bertahun-tahun, E.L. Konigsburg mendapatkan banyak kiriman surat dari para pembaca, terutama anak-anak, yang memberinya masukan, pertanyaan dan juga permintaan untuk membuat sekuelnya. Tentu saja tidak akan ada sekuel dari buku ini karena penulis mengharapkan kisah Claudia dan Jamie akan bertahan sampai puluhan tahun yang akan datang.

Edisi yang diterbitkan tahun 2007 ini merupakan edisi ulang tahun ke-35. Saya merasa bahagia membaca kisah kakak beradik Claudia dan Jamie di buku ini. Selain karena ringan, buku ini membahas tema tentang dunia arsip dan sejarah, yang tentu saja sangat berhubungan dengan bibliografi. Ceritanya juga ditulis dengan sangat detail. Saya bisa merasakan petualangan seru mereka, juga debaran-debaran jantung mereka ketika harus bersembunyi di museum. Seru pastinya.

Dan, ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari karakter Claudia dan Jamie yang cukup bagus untuk bahan pembelajaran anak-anak. Bahwa seorang anak sekalipun membutuhkan sesuatu yang membuat mereka merasa dirinya istimewa dan layak dihargai. Dan bahwa berpetualang menemukan hal-hal baru adalah hal yang perlu dipertimbangkan oleh orangtua untuk tumbuh kembang anak agar aktivitas mereka tidak monoton.

*Ulasan ini diikutsertakan pada Proyek Battle Challenge #31HariBerbagiBacaan