Tantangan Baca Buku tentang Buku

Bermula dari postingannya mas Tezar di forum BBI tentang ‘Buku tentang Buku’, saya jadi tergerak ingin membuat semacam proyek tantangan baca buku tentang buku. Tema buku tentang buku yang saya maksudkan di tantangan baca ini adalah buku yang topiknya membahas tentang dunia buku. Tujuan saya membuat proyek ini adalah untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang sejarah buku dan perkembangan dunia literasi, seberapa banyak buku yang membahas tentang buku, juga sekaligus menambah semangat untuk membaca dan belajar.

Saya teringat satu pemeo yang cukup terkenal,

Verba volant, scripta manent
Yang terucap berlalu bersama angin, yang tertulis akan mengabadi.

Juga perkataan Ali bin Abi Tholib ra, “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya,” yang dengan dituliskan, baik ucapan maupun ide dan pemikiran menjadi terkumpul dan terjaga, bisa diteruskan dari generasi ke generasi. Mengingat betapa indahnya dunia ilmu itu, membaca buku-buku yang membahas tentang buku tentunya akan semakin menambah motivasi kita untuk terus membaca. Lewat tantangan baca ini pula saya berharap kita bisa saling berbagi informasi buku tentang buku yang ada di Indonesia secara khusus, dan dunia secara umum.

Nah, masalahnya menurut saya, cakupan topik buku ini cukup luas. Buku sangat berkaitan erat dengan dunia arsip, yaitu dokumen-dokumen non buku lainnya. Arsip sangat erat kaitannya dengan dunia buku serta budaya membaca. Jadi, menurut saya, topik tentang arsip ini juga perlu dimasukkan ke dalam kategori ‘buku tentang buku’. Saya akan membagi topik ‘buku tentang buku’ dalam tantangan baca ini menjadi tiga kategori:

  1. Kategori 1 – Buku yang membahas segala hal tentang buku. Bisa spesifik tentang buku saja, bisa juga biografi pengumpul/kolektor buku, sejarah buku, sejarah kitab suci, sejarah penerbitan, sejarah penulisan buku, dll. Tidak harus sejarah, apa saja pokoknya tentang buku.
  2. Kategori 2 – Buku yang membahas tentang dunia arsip. Arsip yang dimaksud adalah dokumen non buku seperti koran, jurnal, surat, kliping atau bibliografi lainnya. Bisa seperti buku tentang biografi pengumpul arsip atau klipinger, tentang sejarah surat, sejarah arsip, dll. Tapi, buku teks kuliahan atau pelajaran tentang arsip, panduan pengarsipan dan sejenisnya tidak termasuk dalam kategori ini.
  3. Kategori 3 – Buku yang membahas tentang perpustakaan. Bisa sejarah perpustakaan, geliat taman baca, dll. Contohnya seperti buku Bait Al-Hikmah, Room to Read, dan sebagainya. Kategori ini ada lumayan juga bukunya. Tapi, buku panduan mengelola perpustakaan dan sejenisnya tidak termasuk ke dalam kategori ini.

Proyek ini saya buat untuk saya pribadi, dan kalau teman-teman ada yang mau ikutan juga, tentu saya sangat senang sekali. Bagi yang mau ikut juga, aturannya tidak banyak.

Aturan Main

  • Buku yang dibaca sesuai dengan tema berdasarkan salah satu dari 3 kategori di atas.
  • Buku yang dibaca boleh buku cetak dan buku elektronik, fiksi dan nonfiksi, bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
  • Tantangan baca ini tidak ada jangka waktunya, tetapi untuk permulaan, targetnya saya buat untuk 2 tahun dulu saja, dimulai dari periode 15 Februari 2016 sampai 15 Februari 2018. Nanti kalau sudah setahun, saya perpanjang lagi, in sya Allah. Namanya juga proyek πŸ˜€
  • Peserta wajib menulis review/ulasan di blog dari buku yang dibaca.
  • Membuat master post di blog yang berisi informasi tentang tantangan ini dan list postingan review dari buku-buku yang sudah dibaca. Jadi tidak perlu menyetor link review secara terpisah. Cukup setor link master post saja. Setiap selesai membaca dan mengulas satu buku, peserta harus menambahkan link post reviewnya di master post tersebut.
  • Cantumkan juga di list review dalam master post kamu, termasuk kategori 1, 2 atau 3 buku yang dibaca tersebut.
  • Kalau ada buku tentang buku yang sudah pernah dibaca dan diulas di blog sebelum tanggal 15 Februari 2016, silakan linknya boleh dicantumkan juga di master post.

Gampang ‘kan? Ohya, tantangan ini tidak ada reward ya, soalnya memang bertujuan untuk mengetahui lebih banyak buku-buku tentang buku ^^

Bagi yang berminat ikut tantangan ini boleh daftarkan diri lewat kolom komentar ya. Masukkan link master postnya sekalian. Nanti secara berkala akan saya update di linky di bawah ini.

***

Proses Baca Saya

[wppb progress=”10/15″ option=”candystripe orange” percent=after]

Buku-buku tentang buku yang sudah pernah saya baca adalah sebagai berikut:

Kategori 1 : Tentang Buku

  1. Fahrenheit 451 – Fiksi
  2. The Professor and the Madman – Fiksi
  3. Gila Baca ala Ulama oleh Ali bin Muhammad Al-β€˜Imran – Non Fiksi Agama Islam
  4. People of the Book oleh Geraldine Brooks – Fiksi
  5. The Book of Mirrors oleh E.O. Chirovici – Fiksi

Kategori 2 : Tentang Arsip

  1. Surat-Surat Nabi Muhammad – Non fiksi
  2. Dari Arsip Campur Aduk Mrs. Basil E. Frankweiler oleh E.L. Konigsburg – Fiksi
  3. 65 Sekretaris Nabi – Non hiksi
  4. Surat-Surat Nabi kepada Para Raja dan Panglima Perang – Non fiksi

Kategori 3 : Tentang Perpustakaan

  1. Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken – Fiksi

Pin It on Pinterest

Shares
Share This