Ulasan Tuntas tentang 3 Prinsip PokokJudul: Ulasan Tuntas tentang Tiga Prinsip
Judul Asli: Syarhu Tsalatsatil Ushul
Penulis: Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin
Alih Bahasa: Zainal Abidin Syamsuddin, Lc & Ainul Haris Arifin, Lc
Penerbit: Darul Haq
ISBN: 978-979-9137-01-2
Tebal: 286 hlm
Tahun terbit: 2014
Cetakan: Keenam belas
Genre: Agama Islam, Aqidah
Rating: 4/5

“Siapa Tuhanmu? Apa agamamu? Siapa Nabimu?”

Tiga pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang akan ditanyakan oleh dua malaikat setelah seseorang dikuburkan ketika meninggal dunia. Tiga pertanyaan ini pulalah yang akan menjadi awal apakah seseorang merasakan nikmat atau siksaan di alam barzakh sampai hari kiamat tiba. Pertanyaan yang terkadang kita anggap sederhana, mudah dan mampu kita jawab di dunia, tetapi hakikatnya belum tentu bisa kita jawab dengan benar di alam kubur. Jawaban kita akan bergantung pada kualitas keimanan yang kita miliki. Bagaimana caranya supaya kita bisa menjawab ketiga pertanyaan tersebut dan selamat di akhirat? Keyakinan yang benarlah jawabannya.

Maka, agar kita memiliki keyakinan yang benar, memahami ketiga prinsip pokok secara benar pula merupakan masalah besar yang paling penting dan mendesak untuk dilakukan. Ibarat kita ingin membuka sebuah pintu yang terkunci, maka memahami landasan pokok tersebut adalah kunci utamanya. Dan buku Ulasan Tuntas tentang Tiga Prinsip Pokok ini adalah salah satu jalan agar kita bisa mempelajari dan memahami tiga pertanyaan tadi secara benar.

Buku Ulasan Tuntas tentang Tiga Prinsip Pokok karya Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin ini merupakan penjelasan (syarah) dari kitab Al-Ushuuluts Tsalaatsah wa Adillatuhaa (Tiga Landasan Utama) karya Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab atau yang biasa disebut Syaikh Muhammad at-Tamimi, yang terjemahannya sudah banyak beredar dalam berbagai bahasa. Buku ini menjelaskan secara gamblang tiga hal utama yang akan membuat kita semakin mengenal Allah Ta’ala, dinul Islam, dan Rasulullah Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam sesuai dengan dalil al-Qur’an dan as-Sunnah.

Syaikh Al-Utsaimin membagi buku ini menjadi empat bagian. Bagian pertama merupakan penjelasan tentang kitab Tiga Landasan Utama, pembagian tauhid, dan empat hal yang wajib diketahui oleh setiap muslim. Apa saja sih keempat hal tersebut? Pertama, ilmu. Setiap muslim wajib mengetahui ilmu tentang Allah Ta’ala, mengetahui Nabi-Nya, dan mengetahui agama Islam dengan dalil-dalil shahih. Setelah kita mengetahui ketiga hal ini, kewajiban kedua adalah mengamalkannya. Hanya mengenal Allah dan Nabi-Nya saja namun tidak mengamalkan syariat atau perintah-Nya belumlah bisa disebut aqidah yang benar. Dan mengamalkan perintah-Nya tanpa ilmu bukanlah hal yang benar pula. Itulah mengapa dikatakan bahwa ilmu itu sebelum ucapan dan perbuatan. Kemudian kewajiban ketiga dan keempat berikutnya yang saling berkaitan adalah berdakwah dan bersabar dalam menghadapi gangguan di dalamnya. Artinya, setiap muslim wajib menyebarkan apa yang dibawa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, meskipun hanya satu ayat (secuil), dan bersabar ketika mendapati banyak cobaan, tantangan dan gangguan ketika berdakwah.

“Barangsiapa menyeru kepada suatu petunjuk maka baginya pahala seperti pahala-pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan barangsiapa menyeru kepada suatu kesesatan, maka baginya dosa sebagaimana dosa-dosa yang mengikutinya, tidak mengurangi sedikit pun dosa-dosa mereka.” (HR. Muslim)

Ini adalah sampul buku/kitab induknya, 3 Landasan Pokok, karya Syaikh Muhammad bin 'Abdul Wahhab. Terbitan Pustaka Ibnu 'Umar. Di buku induknya ini tidak disertai syarah (penjelasan). Hanya berisi

Ini adalah sampul buku/kitab induknya, 3 Landasan Pokok, karya Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab. Terbitan Pustaka Ibnu ‘Umar. Di buku induknya ini tidak disertai syarah (penjelasan). Hanya berisi pokok-pokoknya saja.

Di bagian kedua, penulis menjelaskan secara rinci tentang landasan pokok yang pertama yaitu mengenal Allah Ta’ala. Di sini mencakup pengertian Rabb dan macam-macam ibadah yang diperintahkan Allah Ta’ala, termasuk bentuk riilnya seperti khauf, raja’, tawakkal, khasyah, dan lain-lain. Semua jenis-jenis ibadah itu dijelaskan secara lengkap disertai contoh-contohnya.

Kemudian, bagian ketiga buku ini menjelaskan tentang landasan kedua yaitu mengenal agama Islam dilengkapi dengan penjelasan tentang rukun iman. Sedangkan bagian terakhir yakni keempat, tentu saja menjelaskan landasan terakhir yaitu mengenal Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Kapan beliau lahir dan wafat, bagaimana beliau menjadi rasul, bagaimana sikap beliau ketika berdakwah, serta semua hal pokok tentang Rasulullah dan risalah beliau dijelaskan di bagian ini, termasuk tujuan diutusnya para nabi dan rasul serta larangan tunduk kepada thaghut.

Membaca kitab induknya Al-Ushuuluts Tsalaatsah wa Adillatuhaa tanpa penjelasan saja sebenarnya sudah cukup memadai untuk mengetahui tiga landasan utama bagi seorang muslim. Tetapi untuk bisa memahaminya secara utuh, apalagi bagi pemula seperti saya, saya merasa tetap membutuhkan penjelasan yang lebih detail agar tidak salah kaprah. Nah, dengan buku syarah (penjelasan) yang ditulis oleh Syaikh al-Utsaimin ini, saya lebih mudah menangkap maksud yang ingin disampaikan. Kelebihan buku ini ada pada kemudahan dalam membacanya; terjemahannya tidak berbelit-belit, to the point, ringkas, bahasanya mengalir dan mudah dipahami. Paling-paling yang agak sedikit sulit saya ikuti ketika ada penjelasan berkaitan dengan makna kata atau istilah bahasa Arab yang dijelaskan secara ilmu nahwu, tetapi bagian seperti ini sangat sedikit sekali dan bisa diikuti pelan-pelan. Saya yakin, siapa saja in syaa Allaah akan bisa mempelajarinya meskipun pemula seperti saya.

Dan yang paling membuat saya terharu adalah bahwa buku ini benar-benar membuat saya malu dan tersadar bahwa pemahaman saya terhadap tiga landasan utama tersebut sangatlah minim. Ada banyak hal yang ternyata saya tidak ketahui. Muncul satu pertanyaan di dalam hati yang membuat saya berpikir dalam, “Akankah saya mampu menjawab tiga pertanyaan itu nantinya?” Semoga Allah memudahkan kita untuk memperbaiki diri dan keimanan kita.

Beberapa poin penting dan menarik yang saya kutip dari buku ini bisa dibaca di sini.

Selain membaca buku ini, disarankan juga untuk menyimak kajiannya dalam format video atau audio. Berikut ini adalah link kajian Tiga Landasan Utama:

*ulasan ini disertakan dalam Indonesian Moeslim Reading Challenge (IMRC)

==========
Dalam rangka pengembangan perpustakaan kami, kami juga membuka divisi usaha berupa toko buku online di Toko Buku Pustaka Hanan. Apabila rekan-rekan sedang mencari buku ini atau buku Islam lainnya, bisa menghubungi kami.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This