B&B

Yak, mulai hari ini, saya membuat kategori postingan baru, yaitu Wisata Buku. Jadi nantinya, di spot Wisata Buku ini, saya akan membuat postingan berupa informasi seputar toko buku, kafe buku, perpustakaan, atau tempat lainnya yang berkaitan dengan buku. Para pecinta buku biasanya suka menyambangi lokasi-lokasi seperti ini jika berkunjung ke suatu kota, provinsi, bahkan negara lain. Harapan saya bahwa para blogger buku lainnya bisa juga membuat postingan sejenis untuk tempat-tempat di kota masing-masing. Pasti asyik dan seru mengetahui lokasi-lokasi menarik terkait buku. Informasi ini tentu akan sangat bermanfaat bagi para pecinta buku bila akan berkunjung ke kota tersebut. Ya, ‘kan?

Kembali ke topik awal. Bagi pecinta buku di Medan, toko buku yang satu ini tentu menjadi alternatif kedua setelah toko buku online ketika ingin membeli buku-buku berbahasa Inggris atau asing lainnya. Yup. Namanya Books & Beyond. Selain fasilitas tobuk online-nya, B&B juga memiliki toko buku fisik di tiap-tiap kota, yang bukunya bisa kita sentuh dan lihat secara langsung. Dulunya, B&B ini namanya Times Bookstore. Iya, tobuk Times yang itu. Menjelang akhir tahun 2012, namanya berubah menjadi Books & Beyond.

Untuk di Medan sendiri, B&B berlokasi di dua tempat, yaitu di Sun Plaza dan Plaza Medan Fair. Yang di Sun Plaza letaknya di lobi utama lantai 1. Kalau kita masuk dari samping, itu B&B langsung kelihatan saat akan memasuki lobi utama Sun Plaza, tepat di depan bundaran air mancur. Sedangkan yang di Plaza Medan Fair letaknya di lantai 1 juga, di main entrance, dekat bagian penjualan mobil.

Books & Beyond di Sun Plaza Medan

Books & Beyond di Sun Plaza Medan (Kredit foto: MedanMagazine.com)

Awalnya saya juga tidak tahu-menahu tentang B&B ini. Eh, tidak tahu? Haloooo! Kamu ‘kan orang Medan, Vy, masa tidak tahu? Iya, benar-benar ga tau, hihi. Kuper ya saya 😀 Maklum, saya jarang keluar rumah, apalagi ke Sun Plaza, malas. Duh! Ketahuan deh malasnya. Biasanya saya membeli buku-buku import yang belum diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia itu secara online saja berhubung free ongkir. Lalu seorang teman memberikan info tentang B&B ini tahun lalu dan saya pun baru tergerak hatinya ke sana beberapa bulan lalu. Setelah berkunjung langsung, ternyata buku-buku yang dijual di sana banyak yang menarik, meskipun tidak selalu lengkap seperti di tobuk online. Masing-masing cabang memiliki judul buku yang tidak selalu sama. Kadang-kadang buku yang tersedia di Sun Plaza tidak ada di Plaza Medan Fair, begitu juga sebaliknya. Jadi kalau di Sun Plaza stok judul yang kita cari kosong, mereka akan mencari info ke cabang lain di Plaza Medan Fair apakah stoknya ada di sana atau tidak. Jika ada, kita bisa langsung membelinya ke sana. Jika tidak ada, kita bisa melakukan indent.

Yang saya suka dari B&B ini, pegawainya ramah-ramah dan tidak keberatan untuk mencarikan informasi ketersediaan buku yang kita cari. Kadang-kadang mereka juga suka memberikan info buku-buku menarik yang baru datang. Selain itu, B&B juga menawarkan sistem keanggotaan dengan keuntungan diskon 10%. Sesekali di event tertentu, B&B menyediakan diskon 20-35% bagi anggotanya. Yah, walaupun angka 10-20% itu termasuk kecil bagi kita-kita yang biasa beli buku harga obralan, tapi untuk taraf toko buku import, diskon segitu bisa dibilang lumayan. Setidaknya bagi saya pribadi (selain beli online di BookDepository atau BetterWorldBooks tentunya). Kalau belanja buku online di webnya B&B, bagi member, kita akan mendapatkan diskon 15%, bukan 10%. Tapi ya sama saja kalau dihitung-hitung, bahkan mungkin jatuhnya lebih mahal, karena kita akan dicharge untuk ongkos kirimnya lagi, kecuali bagi mereka yang tinggal di area Jakarta. Jadi ya bagi saya lebih enak beli langsung ke tokonya. Ditambah lagi kita bisa melihat secara langsung dan menyentuh buku-buku indah itu. Cover buku import rata-rata cantik-cantik sih, bikin naksir, sekalian refreshing lah.

Untuk mendapatkan kartu anggota, kita perlu mengisi formulir pendaftaran dan membayar biaya sebesar Rp. 150.000. Mahal? Sebenarnya tidak juga sih. Kalau kita baru mendaftar sebagai anggota pertama kalinya, kita akan mendapatkan bonus voucher belanja senilai Rp. 100.000, voucher diskon 20% dan kartu voucher diskon ulang tahun sebesar 20%. Jadi kalau dihitung-hitung, ketika voucher itu kita gunakan untuk belanja, biaya pendaftaran yang Rp. 150.000 itu sebenarnya jatuhnya jadi gratis. Saya juga bertanya-tanya, kenapa tidak digratiskan saja ya dengan syarat pembelian minimal sekian rupiah? Tapi ya begitulah taktik marketing supaya orang tertarik haha.

Beberapa buku import yang pernah saya beli di B&B ketika masa promo sudah lumayan banyak, meskipun saya juga bingung kapan akan saya baca haha 😛

Buku-buku yang saya beli saat kunjungan pertama ke B&B Sun Plaza

Buku-buku yang saya beli saat kunjungan pertama ke B&B Sun Plaza

Buku yang saya beli di kunjungan kedua ke B&B, tapi di cabang Plaza Medan Fair. Buku ini paling saya ingin beli ketika tahu infonya dari teman. Di kunjungan pertama, buku ini belum tersedia. Eh, ternyata sebulan kemudian, buku ini sudah masuk. Senangnyaaaa!

Buku yang saya beli di kunjungan kedua ke B&B, tapi di cabang Plaza Medan Fair. Buku ini paling saya ingin beli ketika tahu infonya dari teman. Di kunjungan pertama, buku ini belum tersedia. Eh, ternyata sebulan kemudian, buku ini sudah masuk. Senangnyaaaa!

Buku-buku klasik yang murah harganya lalu didiskon lagi 20%. Lumayan hee...

Buku-buku klasik yang murah harganya lalu didiskon lagi 20%. Lumayan hee…

Nah, itulah sekilas cuap-cuap saya tentang Books & Beyond di Medan. Biar gak kuper-kuper amat lah sayanya. Minimal sudah menginjakkan kaki ke sana haha #dilemparbuku.

PR selanjutnya adalah menghabiskan timbunan bacaan di atas huhuhu.

———————————

B&B cabang Medan Sun Plaza
Jl. H. Zaiunul Arifin No. 7 Main Lobby (#3.A-01) Medan 20152
Phone: 061-4501860
Email: msp@booksbeyond.co.id

B&B cabang Plaza Medan Fair
First Floor Main Entrance, Jalan Jend. Gatot Subroto No.30 Medan 20113
Phone: 061 – 4140020
Email: mdf@booksbeyond.co.id

Pin It on Pinterest

Shares
Share This