Hyaaa, udah bulan September aja ternyata, bulannya saya lahir berpuluh tahun yang lalu (ga usah sebut umur deh, maluuu haha). Sewaktu kecil, saya memang jarang merayakan hari lahir karena ga terlalu suka perayaan-perayaan atau keramaian. Setelah dewasa, saya ya cuma makan bareng dengan teman atau keluarga sebagai ucapan syukur, itu juga kalau saya ingat hari lahir saya. Seringnya malah kelupaan, kelewatan tanggal haha. Yang paling sering dilakukan kalau sudah masuk hari lahir, saya paling ya cuma mikir, bahwa ternyata usia hidup di dunia sudah berkurang lagi setahun. Ternyata sudah sebanyak ini umur hidup di dunia, pencapaian-pencapaian saya masih jauh dari kata bagus. Dan itu semua kadang bikin saya khawatir kalau-kalau ga sempat mengumpulkan bekal. Yah, hal-hal semacam perenungan begitulah. Sesuatu yang bisa membuka kesadaran kita lagi dan lagi, meski seringkali kita abaikan lagi (dan lagi).

Sejak kenal komunitas Blogger Buku Indonesia (BBI) tahun 2012, aktivitas saya seputar buku semakin seru dan berwarna. Makin banyak pula kenal teman-teman dengan hobi yang sama, hobi gila buku. Kalau ketemu di dunia maya atau kopdar, yang dibahas juga seputar buku atau kitab, atau film yang diadaptasi dari buku, karakter-karakter tokoh buku, review seputar buku, dan sebagainya. Pokoknya apa aja deh semua tentang buku. Saya jadi mendapat banyak informasi tentang buku-buku baru yang juga asyik atau buku-buku yang kurang menarik. Rasanya menyenangkannn sekali. Rasanya luapan hati bisa tertuangkan sepuasnya. Sesuatu yang dulu jarang saya rasakan sebelum kenal teman-teman pecinta buku. Kalau dulu, setiap saya membahas tentang buku tertentu ke teman-teman saya, entah itu buku agama atau umum, kebanyakan teman-teman saya cuma bengong karena ga nyambung. Jadi seringnya saya cuma curhat seputar buku via blog pribadi saja hehe. Tapi sejak ada BBI, dunia saya jadi makin menyenangkan. Selain bisa kenal teman pecinta buku, kita juga bisa dapat buku gratis lho haha. Semoga semakin banyak orang yang menyukai buku dan aktivitas membaca.

Oke, balik ke bahasan utama postingan ini. Yup. Kami, 9 anggota BBI yang hari lahirnya jatuh di bulan September ini, bersepakat untuk ngadain blog hop dalam rangka mensyukuri bertambahnya usia sekaligus berbagi pada para pengunjung blog yang setia membaca coretan-coretan review kami yang tak seberapa ini. Nama eventnya September to Remember Blog Hop. Apakah ituuuu? Eng ing eng…ini dia,

september to remember blog hop

Hadiah
  • Voucher buku senilai Rp. 340.000 untuk masing-masing 2 orang pemenang
    Jadi, pemenang boleh memilih buku pilihannya di OL Shop lokal Indonesia sesuai jumlah voucher yang diberikan (free ongkir). Asyik, kan?
Syarat

Share info soal event ini (postingan ini) ke media social kalian. Boleh ke FB, Twitter, IG, dan lain-lain. Boleh salah satunya saja, boleh semuanya. Bebaslah pokoknya, yang penting dishare, biar meriah ๐Ÿ˜€

Lalu caranya bagaimana? Mari disimak cara mengikuti blog hop ini.

Cara
  • Di dalam postingan ini, saya sudah cantumkan quote alias kutipan dari buku yang pernah saya baca dan review di blog. Nantinya, kalian cukup menebak judul buku dari kutipan tersebut. Clue-nya saya kasih deh; Kalian bisa ubek-ubek blog saya ini menggunakan fasilitas search. Haha…gampang, kan? ๐Ÿ˜›
  • Selanjutnya, kalian wajib mampir ke 8 host lainnya (blog teman-teman saya) dan menebak quote di masing-masing postingan yang diberikan. Jadi gini, karena yang mengadakan blog hop ada 9 orang termasuk saya, maka peserta yang mau ikutan hop ini wajib menjawab semua quote dari 9 host tersebut. Syarat dari tiap host berbeda-beda, jadi setiap kalian harus menjalankan syarat yang diberikan di masing-masing blog. Daftar blog host dan jadwal yang ngadain hop bisa dilihat di bagian bawah postingan ini ya.
  • Jawaban dikumpulkan dengan cara mengisi Google form berikut ini atau submit di form yang saya sediakan di bagian bawah.
    Cukup diisi sekali saja, sebab form tersebut tersedia di semua blog host. Jadi peserta cukup submit sekali saja, tidak perlu di semua blog host.
  • Jawaban paling lambat harus masuk tanggal 26 September 2014 (Deadline). Lewat dari itu tidak diterima ya.
  • PENTING: jawaban harus berurutan sesuai urutan quote dan jadwal postingan host. Misalnya quote dari saya, (1) The Hunger Games, (2) Detektif Conan, (3) Bumi. Ini cuma contoh lho, bukan ini jawabannya hehe.

Caranya mudah tho? Selanjutnya, ini nih quotenya, silakan ditebak berurutan ya ๐Ÿ˜€

QUOTE

(1) Siapa yang bisa menemukan buku yang tepat, akan berada di tengah-tengah teman terbaik. Di sana kita akan berbaur dengan karakter paling pintar, paling intelek, dan paling luhur, di sana kebanggaan serta keluhuran manusia bersemayam.

(2) Aku berusaha membuatmu mengerti bahwa umurmu senilai emas dan kau sama sekali tak perlu iri kepada kaum muda. Seiring waktu, aku menyadari bahwa menua itu tidaklah buruk. Kita belajar untuk lebih pemaaf terhadap kehidupan.

(3) Orang kaya ternyata miskin. Orang jujur ternyata licik. Kita semua berpotensi melakukan apa saja.

Optional

Selain dari yang sudah diwajibkan di atas dengan menebak judul buku berdasarkan quote yang diberikan, peserta hop juga bisa submit jawaban optional berikut ini sebagai nilai tambah untuk memperbesar peluang menang kalian. Caranya dengan melakukan salah satu dari opsi berikut ini:

  • Kolase cover: silakan berkreasi membuat kolase cover buku dari judul yang ditebak. Semacam gambar yang dibentuk dari potongan-potongan cover tersebut. Bentuknya bebas, boleh model biasa atau bentuk apa pun. Upload di image host kalian dan submit linknya di Google form yang diberikan di atas.
  • Susun paragraf: silakan satukan judul-judul buku yang ditebak menjadi satu kalimat atau paragraf yang indah
Jadwal Blog Hop

>> Submit jawaban kalian pada form di bawah ini <<

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This