Yee yee yee…akhirnya paket buku dari The Book Depository datang jugaaaaa. Alhamdulillaah….Lamaaaaa nyampenya, tapi syukurlah sampai dengan selamat. Ini orderan pertama saya di BD. Awalnya agak ga yakin juga mau order di sana, tapi setelah baca-baca review teman-teman yang pernah order di BD, akhirnya saya putuskan untuk mencoba dengan keyakinan awal bahwa buku saya tentunya akan lama sampainya seperti umumnya di Amazon dan layanan lainnya.

Orderan saya lakukan tanggal 5 Juni 2014. Dari review yang saya baca, perkiraan sampai dari BD di London ke Indonesia itu sekitar sebulan, paling lama satu setengah bulan lah. Jadi, pas minggu-minggu awal Juli, saya sudah berharap kalau paketnya akan sampai dalam waktu dekat. Ditunggu-tunggu sampai akhir bulan ternyata paketnya belum sampai juga. Oke, saya pikir mungkin karena season lebaran, jadi pastinya pengiriman itu sudah overload di Pos Indonesia. Ya udah, saya sabar nunggu lagi sampai tanggal 6 Agustus. Apa mau dikata, paketnya ga sampai juga. Beberapa teman saya malah ada yang bilang kalau buku dari BD itu seringan ga nyampenya ketimbang nyampe. Weh, saya jadi deg-deg-an. Jangan-jangan buku saya ga nyampe lagi.

Akhirnya setelah tanggal 10 Agustus, saya pun udah pasrah aja. Sudah ikhlas istilahnya hihi. Kalau memang rezeki, bukunya pasti sampai juga nanti. Kalau memang belum rezeki, ya sudah ga apa-apa, hitung-hitung pengalaman. Dan ternyata tadi, sebelum jam 12 siang, itu paket nyampe diantar Pak Pos hihi. Jadi kalau dihitung-hitung, waktu yang dibutuhkan paket saya adalah 2 bulan 7 hari. Wew! 😛

Buku yang saya pesan itu adalah paket pertamanya Junie B. Jones karya Barbara Park, yang terdiri dari jilid 1 sampai 4. Waktu saya pesan, harganya diskon 15% kalau ga salah, dari $19.96 jadi $17.10 (sekarang saya cek udah naik, diskonnya ga segitu lagi). Jadi ada 4 buku dalam satu box ringan. Sengaja saya coba beli yang box set sekalian, karena bila dibandingkan dengan yang satuan, harganya lebih murah yang box set. Saya penasaran pengen baca buku itu setelah baca statusnya sis Yuni Zai tentang buku Junie B. Jones, salah satu novel anak yang cukup populer. Genre yang saya suka pastinya 😛

paket dari BD

paket dari BD

Nah, karena cari-cari ke seller buku online ga nemu buku itu, saya jadi iseng coba beli di tobuk online yang melayani penjualan buku-buku import. Awalnya pilihan jatuh ke Periplus atau OpenTrolley, tapi di sana harganya lebih mahal dan dikenakan ongkir, jadi saya batalkan pesan di sana. Saya beralih ke BD setelah membaca beberapa review positif. Jadi, berikut ini beberapa point yang menurut saya menjadi kelebihan dan kekurangan dari BD.

Kelebihan:

  • Harga bukunya lebih murah
  • Bebas ongkos kirim ke seluruh dunia. Jadi ternyata, di BD itu, supaya bisa free ongkir, mereka mengirim paketnya menggunakan flat rate pos yang super murah itu, makanya bisa free ongkir. Jadi misal paket kita beratnya melebihi flat rate, maka buku akan dikirim satu per satu. Tapi semisal orderan kita terdiri dari beberapa buku dan masih masuk flat rate, maka pengirimannya tetap free ongkir, seperti pesanan saya itu yang beratnya cuma 300 gram karena bukunya tipis-tipis.
  • Paketnya dibungkus dengan bungkusan yang bagus, yang pakai plastik gelembung itu (apa sih istilahnya hahaha). Jadi buku kita aman dari benturan dan basah, in syaa Allaah.
  • Ada history ordernya, jadi kita bisa cek di halaman member kita apakah paket kita sudah dikirim atau belum.

Kekurangan:

  • Waktu sampainya agak lama. Paling cepat 2 minggu, bisa sampai 1 bulan atau 1,5 bulan tergantung season ramai atau tidak.
  • BD tidak menyediakan nomor resi pengiriman, jadi pembeli tidak bisa melakukan tracking paket.

Overall, menurut saya BD cukup oke untuk pilihan beli buku luar. Yang paling saya suka itu selain harganya lebih murah, dia free ongkir. Selama ini, yang membuat saya berat hati untuk beli buku di luar itu seperti di Amazon dsb adalah karena berat di ongkirnya haha, lumayan mahal. Jatuhnya buku jadi mahal. Kalau di BD jatuhnya jadi seperti kita beli buku di toko online Indonesia aja.

Trus habis ini kapok beli di BD? Ooo…tentu tidaaaak. Saya malah mau coba lagi order jilid lanjutannya. Tapi ntar…kalau ada duit lagi. Buat teman-teman yang mau coba beli di BD, bisa langsung ke websitenya aja di sini.

Update

Saya sekarang sudah sering beli di BookDepository. Sudah berkali-kali dan alhamdulillah sampai selalu. Waktu pengirimannya juga beragam, ada yang sampai setelah 2 minggu, ada yang 3 minggu, ada juga yang sebulan. Jadi buat yang mau order di BD, tidak perlu merasa khawatir kalau paket tidak sampai.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This