the mum-minderJudul: Pengasuh-Mama
Judul Asli: The Mum-Minder
Penulis: Jacqueline Wilson
Alih Bahasa: Listiana Srisanti
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 979-22-0229-3
Tebal: 112 hlm
Tahun terbit: Maret 2003
Cetakan: Pertama
Genre: Fiksi Anak
Rating: 4/5

Masih ingat ‘kan saat kita kecil? Kalau kita sakit, mama kita biasanya akan langsung merawat kita dengan telaten sampai sembuh. Nah, bagaimana jika mama kita yang sakit? Kini giliran kitalah yang merawat mama. Seperti Sadie yang mengasuh mamanya karena diserang flu dalam novel ini.

Mama Sadie adalah seorang pengasuh anak yang sehari-harinya harus mengasuh tiga anak tetangga yang masih kecil-kecil. Kini mamanya sakit. Maka, selain merawat mamanya, Sadie juga harus mengasuh empat anak kecil, yaitu adiknya Sara yang masih bayi, Gemma yang berusia tiga tahun, Vincent yang berusia dua tahun dan bayi Clive yang suka menangis. Mereka semua anak-anak yang aktif!

Untuk mengasuh anak-anak itu, para ibu akhirnya berinisiatif secara bergantian membawa mereka semua ke kantor masing-masing. Petualangan Sadie dan empat balita itu pun dimulai dari kantor ayah Vincent, lalu ke kantor polisi tempat ibu Gemma bekerja, hingga berakhir di toko cokelat ibu Clive. Jangan tanya apa yang mereka lakukan di sana. Tentu saja kerusuhan! Kebayang ‘kan bagaimana repotnya Sadie yang masih berusia 9 tahun harus mengasuh empat balita itu di kantor para ibu? Bagaimana kisah petualangan mereka dan cara Sadie menangani krucil-krucil tersebut?

Membaca novel anak ini membuat saya senyum-senyum sendiri. Betapa tidak? Cerita kerepotan Sadie, ulah para balita yang konyol dan lucu, juga betapa hebohnya para ibu yang harus menangani pekerjaan sekaligus mengasuh anak-anak, membuat hari-hari mereka tak hanya jumpalitan, tetapi juga seru dan mengasyikkan. Apa yang diceritakan di dalam novel ini memang sangat familiar kita jumpai di sekitar kita. Misalnya seorang ibu yang mau tak mau menitipkan anaknya di tetangga atau pengasuh karena mereka terpaksa mencari tambahan nafkah, atau saat anak paling besar harus menjaga adik-adiknya saat ibu sedang pergi atau sakit, dan semua itu jika ditangani atau dikomunikasikan dengan tepat akan menjadi pendidikan tersendiri bagi si anak.

Jacqueline Wilson masih menyuguhkan tema keluarga dalam karyanya kali ini. Masih seputar dunia anak. Dan sama seperti buku-bukunya yang lain, novel Pengasuh-Mama ini pun membuat saya makin suka dengan gaya penulisan Wilson. Novel ini juga bisa dibaca oleh anak usia SD atau SMP sambil didampingi oleh orangtua, sekaligus bisa didiskusikan bersama terkait pendidikan atau pelajaran moral yang ada di dalamnya.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This