al-qiraat lil-athfalJudul: Al-Qira’ah lil Athfal
Penulis: Abu Shalih Harits, Abu Muhammad Hafizh, Abu Ubaidillah Zain, Abul Harits Abdul Hakim
Penerbit: Maktabah Al-Minhaj
ISBN: 978-602-17204-17
Tebal: 55 hlm
Tahun terbit: Juni 2012
Cetakan: Pertama
Genre: Agama Islam, Ilmu Qiraat dan Tajwid
DDC: 2X1.12
Rating: 4/5

Kalau dulu sewaktu saya kecil, orangtua saya mengenalkan Al-Qur’an lewat buku Iqro’ mulai dari jilid 1 sampai 6. Di buku Iqro’, siapa saja bisa belajar membaca huruf hijaiyyah mulai dari nol secara bertahap. Nah, beberapa bulan yang lalu, seorang teman mengenalkan saya dengan buku al-Qira’ah lil-Athfal ini yang juga terdiri dari 6 jilid. Al-Qira’ah lil Athfal bisa saya katakan sebagai alternatif buku Iqro’ yang tak kalah bagusnya. Apa kelebihan buku ini?

Pertama, pengenalan huruf hijaiyyahnya disertai dengan penjelasan makhraj dan sifat huruf. Pengenalan ini ada di jilid 1. Misalnya huruf Alif, sifat hurufnya jahr (jelas) dan diucapkan lewat tenggorokan bawah. Sifat huruf lainnya pun berbeda-beda, misalnya syiddah, istifal, bergetar, dsb yang dipaparkan dengan rinci. Dengan adanya makhrajil huruf seperti ini, anak-anak bisa belajar dari dasar untuk membiasakan lidah mereka dalam pengucapan huruf hijaiyyah yang benar.

Kedua, setelah pengenalan huruf hijaiyyah, di jilid-jilid berikutnya mulai dikenalkan huruf yang berrangkai serta hukum-hukum bacaan seperti mad, ikhfa’, idgham, iqlab, izhar, waqaf, serta variasi-variasi hukum lainnya, termasuk kasus-kasus khusus yang langka dijumpai di Al-Qur’an. Dari segi penjelasan hukum bacaan, buku ini lumayan unggul dan lengkap.

halaman dalam al-qiraat lil-athfal jilid 6

halaman dalam al-qiraat lil-athfal jilid 6

Ketiga, ukuran font huruf hijaiyyah untuk latihan membaca cukup besar dan kertas yang digunakan adalah kertas putih (bukan HVS putih, tapi bukan juga kertas ubi), sehingga baik anak-anak maupun orangtua yang lanjut usia bisa membacanya dengan jelas.

Keempat, selain lembar latihan membaca, di buku Al-Qira’ah lil Athfal ini juga terdapat lembar ujian dan laporan evaluasi atau perkembangan, sehingga sangat cocok bagi para pengajar atau orangtua untuk mendidik dan mengontrol anak-anak membaca Al-Qur’an.

Sebagai buku latihan belajar, buku ini sangat bagus. Bagi saya, mungkin kurangnya hanya di pewarnaan saja. Kalau buku ini juga bisa dibuat dalam versi berwarna, tentu akan lebih bagus lagi. Misalnya untuk menandai huruf atau hukum yang dimaksudkan, warna huruf diberi warna yang berbeda sehingga akan lebih mudah memahaminya.

Buku ini tidak hanya ditujukan bagi anak-anak, tetapi juga bagi orang dewasa yang ingin belajar membaca Al-Qur’an dengan benar. Bagi orang dewasa, bila mengombinasikan membaca buku ini bersama dengan buku 7 Langkah Belajar Membaca Al-Qur’an Sampai Faseh, makan akan saling melengkapi satu sama lain. Sementara bagi anak-anak usia sekolah (SD-SMA dan sederajat), buku ini akan sangat membantu mereka belajar dengan mudah karena memiliki dasar ilmu yang lebih baik.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This